Sebuah
permainan simetris adalah permainan di mana hadiah untuk memainkan strategi
tertentu hanya tergantung pada strategi lain yang digunakan, bukan pada siapa
yang bermain mereka. Jika identitas para pemain dapat diubah tanpa mengubah
hasil untuk strategi, maka permainan simetris.
Banyak
sering dipelajari 2 × 2 game simetris. Representasi standar ayam , yang dilema
narapidana , dan berburu rusa adalah semua game simetris. Beberapa Ulama akan
mempertimbangkan game asimetris tertentu sebagai contoh permainan ini juga.
Namun, hadiah yang paling umum untuk masing-masing permainan ini adalah
simetris.
Jenis
permainan lebih terlihat pada bentuk matriks yang dibentuk untuk
merepresentasikannya. Permainan jenis ini menggunakan matriks kombinatorial
dengan bentuk matriks yang simetris atau tidak simetris. Matriks simetris
contohnya adalah matriks berukuran 2x2, 3x3, dst.. Berikut ini contoh gambaran
matriks untuk representasi game yang simetris dan tidak simetris.
E
|
F
|
|
E
|
1, 2
|
0, 0
|
F
|
0, 0
|
1, 2
|
Sebuah game asimetris
|
Paling
sering dipelajari permainan asimetris adalah permainan di mana tidak ada set
strategi identik untuk kedua pemain. Misalnya, permainan ultimatum dan demikian
pula permainan diktator memiliki strategi yang berbeda untuk masing-masing
pemain. Hal ini dimungkinkan, namun, untuk permainan untuk memiliki strategi
yang sama untuk kedua pemain, namun menjadi asimetris. Misalnya, permainan
digambarkan di sebelah kanan asimetris walaupun memiliki set strategi yang sama
untuk kedua pemain.
Unsur
simetris dan asimetris dalam game bekerja saling melengkapi. Kedua sisi ini harus
bisa dikelola dengan baik. Di satu sisi, unsur simetris menjaga game supaya
seimbang dari awal permainan. Tiap pemain dibekali perlengkapan atau berada
pada kondisi yang sama imbangnya. Tapi kalo porsinya terlalu banyak, sebuah
game bisa terkesan terlalu kaku dan kurang seru. Sedangkan unsur asimetris jadi
kunci penggerak dimana keseruan gameplay dimulai. Cukup seporsi kecil unsur
asimetris bisa jadi Butterfly Effect bagi keseluruhan permainan. Efeknya bakal
makin besar tergantung seberapa kuat kemampuan gamer mampu mengeksploitasi
unsur ini. Tapi ada satu hal yang perlu para developer inget. Makin banyak
unsur asimetris yang dimasukin, makin kompleks dan lama juga proses rancangan
gameplay dari sebuah game karena banyak sisi yang harus dioprek.