Formulir Kontak

 

Game Theory : Simetris / asimetris


Sebuah permainan simetris adalah permainan di mana hadiah untuk memainkan strategi tertentu hanya tergantung pada strategi lain yang digunakan, bukan pada siapa yang bermain mereka. Jika identitas para pemain dapat diubah tanpa mengubah hasil untuk strategi, maka permainan simetris.

Banyak sering dipelajari 2 × 2 game simetris. Representasi standar ayam , yang dilema narapidana , dan berburu rusa adalah semua game simetris. Beberapa Ulama akan mempertimbangkan game asimetris tertentu sebagai contoh permainan ini juga. Namun, hadiah yang paling umum untuk masing-masing permainan ini adalah simetris.

Jenis permainan lebih terlihat pada bentuk matriks yang dibentuk untuk merepresentasikannya. Permainan jenis ini menggunakan matriks kombinatorial dengan bentuk matriks yang simetris atau tidak simetris. Matriks simetris contohnya adalah matriks berukuran 2x2, 3x3, dst.. Berikut ini contoh gambaran matriks untuk representasi game yang simetris dan tidak simetris.
E
F
E
1, 2
0, 0
F
0, 0
1, 2
Sebuah game asimetris









Paling sering dipelajari permainan asimetris adalah permainan di mana tidak ada set strategi identik untuk kedua pemain. Misalnya, permainan ultimatum dan demikian pula permainan diktator memiliki strategi yang berbeda untuk masing-masing pemain. Hal ini dimungkinkan, namun, untuk permainan untuk memiliki strategi yang sama untuk kedua pemain, namun menjadi asimetris. Misalnya, permainan digambarkan di sebelah kanan asimetris walaupun memiliki set strategi yang sama untuk kedua pemain.

Unsur simetris dan asimetris dalam game bekerja saling melengkapi. Kedua sisi ini harus bisa dikelola dengan baik. Di satu sisi, unsur simetris menjaga game supaya seimbang dari awal permainan. Tiap pemain dibekali perlengkapan atau berada pada kondisi yang sama imbangnya. Tapi kalo porsinya terlalu banyak, sebuah game bisa terkesan terlalu kaku dan kurang seru. Sedangkan unsur asimetris jadi kunci penggerak dimana keseruan gameplay dimulai. Cukup seporsi kecil unsur asimetris bisa jadi Butterfly Effect bagi keseluruhan permainan. Efeknya bakal makin besar tergantung seberapa kuat kemampuan gamer mampu mengeksploitasi unsur ini. Tapi ada satu hal yang perlu para developer inget. Makin banyak unsur asimetris yang dimasukin, makin kompleks dan lama juga proses rancangan gameplay dari sebuah game karena banyak sisi yang harus dioprek.


Total comment

Author

Devins

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply