GameMaker: Studio
(awalnya bernama Animo dan kemudian Game Maker ) adalah proprietary sistem
penciptaan permainan yang diciptakan oleh Mark Overmars dalam Delphi bahasa
pemrograman . Program ini pertama kali dirilis pada tahun 1999, dan mulai
sebagai program untuk membuat animasi 2D. Nama itu kemudian diubah menjadi
GameMaker, kurang ruang untuk menghindari kekayaan intelektual konflik dengan
software 1991.
GameMaker mengakomodasi
penciptaan cross-platform dan multi-genre yang video game menggunakan drag dan
drop urutan tindakan atau sandboxed bahasa scripting dikenal sebagai Game Maker
Language, yang dapat digunakan untuk mengembangkan game yang lebih canggih yang
tidak dapat dibuat hanya dengan menggunakan drag dan drop fitur. GameMaker
dirancang untuk memungkinkan pemula programmer komputer untuk dapat membuat
game komputer tanpa banyak pengetahuan pemrograman dengan menggunakan tindakan
ini.
GameMaker dirancang
untuk memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengembangkan video game tanpa
harus belajar kompleks bahasa pemrograman seperti C ++ atau Java melalui
eksklusif drag dan drop sistem. Ikon ini merupakan tindakan yang akan terjadi
dalam permainan, seperti gerakan, dasar menggambar, dan struktur kontrol
sederhana. Hal ini juga memungkinkan untuk membuat custom "perpustakaan
tindakan" menggunakan pembuat Perpustakaan.
GameMaker terutama
berjalan game yang menggunakan grafis 2D , yang memungkinkan penggunaan yang
terbatas grafis 3D . Hal ini mendukung kemampuan untuk membuat efek partikel
seperti hujan, salju dan awan, namun tidak native 3D kecuali melalui penggunaan
Dynamic Link Library .
Game Maker Bahasa (GML)
adalah yang utama menafsirkan bahasa scripting yang digunakan dalam GameMaker,
yang biasanya secara signifikan lebih lambat dari bahasa dikompilasi seperti C
++ atau Delphi . [9] Hal ini digunakan untuk lebih meningkatkan dan
mengendalikan desain permainan melalui pemrograman yang lebih konvensional,
yang bertentangan dengan drag dan drop sistem. GameMaker mengakomodasi
redistribusi pada berbagai platform. Program ini dibangun untuk platform ini:
Windows , Windows 8 , Mac OS X , Ubuntu , HTML5 , Android , iOS , Windows Phone
8 , Tizen , Xbox One , dan Playstation .
Persyaratan sistem
|
||||||||||||||||||||||||
|