Permainan
simultan adalah permainan di mana kedua pemain bergerak secara bersamaan, atau
jika mereka tidak bergerak secara bersamaan, para pemain kemudian tidak menyadari
tindakan pemain sebelumnya '(membuat mereka efektif simultan). Game berurutan
(atau permainan dinamis) adalah permainan di mana pemain kemudian memiliki
pengetahuan tentang tindakan sebelumnya. Ini tidak perlu informasi yang
sempurna tentang setiap tindakan dari pemain sebelumnya; mungkin pengetahuan
yang sangat sedikit. Misalnya, pemain mungkin tahu bahwa pemain sebelumnya
tidak melakukan satu tindakan tertentu, sementara ia tidak tahu yang mana dari
tindakan lain yang tersedia pemain pertama benar-benar dilakukan.
Perbedaan
antara permainan simultan dan sekuensial ditangkap dalam representasi yang
berbeda dibahas di atas. Seringkali, bentuk normal digunakan untuk mewakili
game simultan, sedangkan bentuk yang luas digunakan untuk mewakili orang-orang
berurutan. Transformasi yang luas untuk bentuk normal adalah salah satu cara,
yang berarti bahwa beberapa permainan bentuk luas sesuai dengan bentuk normal
yang sama. Akibatnya, gagasan kesetimbangan untuk permainan simultan tidak
mencukupi untuk penalaran tentang game berurutan; melihat kesempurnaan subgame
.
Dalam
teori permainan , sebuah permainan simultan adalah permainan di mana setiap
pemain memilih aksi tanpa pengetahuan tentang tindakan yang dipilih oleh pemain
lain. Bentuk normal representasi biasanya digunakan untuk permainan simultan.
Rock-Paper-Scissors
, permainan tangan yang dimainkan secara luas, adalah contoh kehidupan nyata
dari permainan simultan. Kedua membuat keputusan pada saat yang sama, secara
acak, tanpa pengetahuan sebelumnya dari keputusan lawan. Ada dua pemain dalam
game ini dan masing-masing memiliki 3 strategi yang berbeda untuk membuat
keputusan; kombinasi dari strategi pro fi les membentuk meja 3 × 3. Kami akan
menampilkan strategi Player 1 sebagai baris dan strategi pemain 2 sebagai
kolom. Di meja, angka merah mewakili imbalannya ke Player 1, nomor warna biru
mewakili imbalannya ke Player 2. Oleh karena itu, membayar untuk permainan 2
pemain di Rock-Paper-Scissors akan terlihat seperti ini:
Dalam
teori permainan , sebuah permainan berurutan adalah permainan di mana salah
satu pemain memilih aksi mereka sebelum yang lain memilih mereka. Yang penting,
para pemain kemudian harus memiliki beberapa informasi dari pilihan pertama,
jika perbedaan waktu akan tidak berpengaruh strategis. Game berurutan maka
diatur oleh sumbu waktu, dan direpresentasikan dalam bentuk pohon keputusan.
Tidak
seperti game berurutan, permainan simultan tidak memiliki sumbu waktu sebagai
pemain memilih gerakan mereka tanpa yakin dari yang lain, dan biasanya direpresentasikan
dalam bentuk matriks payoff. Formulir luas representasi biasanya digunakan
untuk game berurutan, karena mereka secara eksplisit menggambarkan aspek
berurutan dari permainan. Permainan kombinasi biasanya game berurutan.
Benar
permainan seperti catur, backgammon , tic-tac-toe dan Go adalah permainan
sekuensial khas. Ukuran pohon keputusan dapat bervariasi sesuai dengan
kompleksitas permainan , mulai dari kecil dan lengkap pohon permainan
tic-tac-toe, ke pohon permainan yang sangat kompleks catur begitu besar
sehingga bahkan komputer memiliki kesulitan memetakan sepenuhnya. Dalam game
berurutan dengan informasi yang sempurna , sebuah keseimbangan yang sempurna
subgame dapat ditemukan dengan induksi mundur .