Formulir Kontak

 

World Wide Web


    World Wide Web

World wide web merupakan sebuah teknologi yang berkembang dengan membutuhkan waktu beberapa tahun saja, namun pengaruh dari world wide web ini sangat luar biasa dan sudah dirasakan oleh masyarakat di dunia. Hal ini merupakan awal untuk mendukung kebutuhan untuk mencari informasi yang di butuhkan dari sang peneliti energi fisika. Informasi banyak dibutuhkan baik dalam kalangan ilmu ekonomi, perdagangan, hiburan, politik dan hamper semua ilmu membutuhkan informasi. Dengan world wide web ini semua hasil penelitian dapat dibagikan dengan cepat.

1.1   Sejarah
World Wide Web (WWW) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.

WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN.Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

1.2   Jens Teknologi Web

Jenis teknologi web ada 3 bagian yaitu :

a.       Web 1.0
Dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif . Sifat dari web 1.0 ini  adalah read. Web 1.0 dimana memiliki ciri-ciri umum yang mencolok yaitu consult, surf dan search.

b.      Web 2.0
Teknologi Web 2.0 dimana istilahnya untuk pertama kali dicetuskan pada tahun 2003 oleh O’Reilly Media, dan dipopulerkan pada konferensi web 2.0 pertama di tahun 2004. O’Reilly Media berkolaborasi dengan MediaLive International mempopulerkan istilah ini dalam berbagai konferensi sejak 2004, sehingga kemudian istilah ini semakin dikenal.

c.       Web 3.0
Teknologi Web generasi ketiga yang pertama kali diperkenalkan tahun 2001 ini memiliki ciri-ciri umum seperti suggest, happen dan provide, dimana disini web seolah-olah sudah seperti kehidupan di alam nyata. Web 3.0 sendiri juga merupakan sebuah realisasi dari pengembangan sistem kecerdasan buatan (artificial intelegence) untuk menciptakan global meta data yang dapat dimengerti oleh sistem, sehingga sistem dapat mengartikan kembali data tersebut kepada pengunjung dengan baik. Saat ini adaptasi Web 3.0 mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan di dunia seperti secondlife, Google Co-Ops, bahkan di Indonesia sendiri juga sudah ada yang mulai mengembangkannya, yaitu Li’L Online (LILO) Community.

1.3   Arsitektur Web
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Website arsitektur akan datang dalam ruang lingkup estetika dan teori kritis dan kecenderungan ini dapat mempercepat dengan munculnya web semantik dan web 2.0.

Arsitektur dari Web mengeksploitasi teknologi sederhana yang berhubungan secara efisien, yang memungkinkan ruang informasi yang sangat fleksibel dan berguna, serta yang paling penting terukur. Dalam bagian pembuka ini kita akan meninjau secara singkat prinsip-prinsip utama yang mendasari arsitektur Web.

Web adalah ruang di mana sumber daya diidentifikasi oleh Uniform Resource Identifier (URI). Ada protokol yang di gunakan untuk mendukung interaksi antara agen, dan format untuk mewakili informasi sumber. Ini adalah bahan dasar dari Web. Pada desain, mereka tergantung utilitas dan efisiensi interaksi Web, dan desain itu bergantung pada beberapa prinsip, beberapa di antaranya adalah bagian dari konsepsi asli, sementara yang lain telah belajar dari pengalaman.

Tujuan penting dari web science adalah untuk mengenali aspek penting dari identifikasi, interaksi dan representasi yang membuat web bekerja, dan mengijinkan implementasi dari system yang bisa mendukung dan mempromosikan perilaku yang diinginkan. Pengalaman menghubungkan dokumen dan menambah, data mengeluarkan kekuatan besar, kedua itu untuk penulis dan pengguna. Kemungkinan dari menggunakan kembali yang berhubungan dengan keuntungan dari konten memberdayakan penulis dengan meningkatkan pengaruh mereka, dan pengguna dengan menyediakan akses ke lebih banyak informasi dari yang dimungkinkan menggunakan teknologi lainnya.

Khususnya, tiga fungsi dari identifikasi, interaksi dan representasi perlu dipisahkan. Mengubah atau menambah skema utuk identifikasi, berpendapat, seharusnya tidak berpengaruh terhadap skeme untuk interaksi atau representasi, membiarkan bebas, evolusi modular dari arsitektur web sebagai teknologi baru dan aplikasi baru yang mulai beroperasi (yang tidak mengatakan bahwa spesifikasi orthogonal tidak mungkin berevolusi siklis sau sama lain). Demikian pula, teknologi harus dapat diperpanjang, yaitu mereka harus mampu berevolusi secara terpisah tanpa mengancam interoperabilitas mereka dengan teknologi lainnya.

Akhirnya, ini adalah prinsip penting dari arsitektur web bahwa kesalahan harus ditangani secara sederhana dan fleksibel. Kesalahan penting – dalam sebuah ruang informasi yang ukurannya dapat diukur dalam ribuan terabyte, dan jumlah pengguna yang ratusan juta, heterogenitas tujuan dan kualitas yang bervariasi dari kepengarangan berarti bahwa akan ada kesalahan desain. Keberadaan dari link yang teruntai (link menggunakan sebuah URI tanpa sumbber di akhir). Konten tidak terbentuk dengan baik atau kesalahan prediksi lain tidak harus menyebabkan tabrak system atau tuntutan dari interoperabilitas mengharuskan agen haus dapat pulih dari kesalahan, tanpa, tentu saja, mengorbankan kesadaran penggunan bahwa kesalahan telah terjadi.

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web

Total comment

Author

Devins

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply