Sejarah Teknologi Game
Generasi Pertama
1952-1975
Sejarah teknologi video game berjalan sejak awal
1950-an, ketika akademik ilmuwan komputer mulai merancang game sederhana dan
simulasi sebagai bagian dari penelitian mereka. Kemudian seiring berjalannya
waktu Pada tahun 1952-1975, seorang mahasiswa Universitas Cambridge bernama
A.S. Gouglas membuat permainan OXO (tic-tac-toe) dalam versi grafik.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Tic-tac-toe
Sebelum Sony berjaya dengan Playstation atau Microsoft
dengan Xbox, pada tahun 1967–1968 dunia game konsol dikuasai Atari dan Nintendo,
Yang bernama Brown Box dan Oddysey. Ralph Baer yang pertama kali memiliki
gagasan ingin menciptakan sebuah televisi interaktif.
Sumber : http://americanhistory.si.edu/collections/search/object/nmah_1301997
Atari
adalah perusahaan Amerika dengan nama Jepang dan perusahaan Jepang bernama SEGA
didirikan oleh orang Amerika. Di tahun 1966, sebagai Chief Engineer di Sanders
Associates, Baer menciptakan permainan sederhanya yang bisa dimainkan lewat
televisi. Kemudian Seorang ahli program, Bill Rusch direkrut untuk mempercepat
pembangunan mesin game tersebut, Maka di pada tahun 1972 terciptalah Magnavox
Odyssey.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Magnavox_Odyssey
Pada konsol ini tidak bertahan terlalu lama karena
banyak pihak yang menilai bahwa tidak mempunyai potensi untuk dijual ke publik,
maka Di tahun 1975 muncullah permainan arcade game dikembangkan oleh Nolan
Bushnell yang disebut Pong. Game ini langsung menjadi hits di pasaran. Sejak
saat itu perkembangan berbagai game pun berlanjut.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Pong
Generasi Kedua 1976-1982
Pada tahun 11 September 1977 Atari mengeluarkan game arcade
“Battlezone”, game dengan perspektif 3D pertama. Namco mengeluarkan “Pac-Man”.
Dengan konsol yang bernama Atari VCS Selama lima tahun, 1977 sampai akhir 1982,
sistem ini resmi dijual sebagai Atari VCS , singkatan dari Video Computer
System . Setelah perilisan Atari 5200 pada bulan November 1982, VCS diubah
namanya menjadi "Atari 2600", setelah nomor bagian Atari unit, CX2600.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Atari_2600
Generasi Ketiga 1982-1986
Pada tahun 1983 muncullah
konsol yang bernama Nintendo yang dipasarkan di Jepang Family Computer atau
lebih dikenal dengan nama FAMICOM.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Nintendo_Entertainment_System
Walaupun
konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir
generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka “bit”.
Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis atau
biasa disebut dengan Sega.
Generasi Keempat 1989-1993
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Sega_Genesis
Sega merilis konsol
tersebut sebagai Mega Drive di Jepang pada tahun 1988, diikuti oleh Amerika
Utara sebagai Kejadian pada tahun 1989. Pada tahun 1990, konsol tersebut
didistribusikan sebagai Mega Drive oleh Virgin Mastertronic di Eropa, Ozisoft
di Australasia , dan Tectoy di Brasil. Di era ini pulalah terjadi perang konsol
game yang pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.
Generasi Kelima 1994-1999
Pada
tahun 1994 Generasi kelima atau disebut juga dengan era konsol 32 bit. dimana
konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation. Konsol
ini dirilis pada tanggal 3 Desember 1994 di Jepang , 9 September 1995 di
Amerika Utara , 29 September 1995 di Eropa , dan untuk tanggal 15 November 1995
di Australia . Konsol itu adalah yang pertama dari jajaran konsol video game
rumahan PlayStation .
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/PlayStation_(console)
Generasi keenam
Generasi keenam ini
ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing
perusahaan seperti SONY, SEGA,Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game
baru yang diluncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game
ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat
lagi meneruskan konsol next generation(Dreamcast) mereka dan lebih memilih
untuk berkonsentrasi dibidang pembuatan game konsol.
Generasi ketujuh
Dikarenakan semakin
canggihnya teknologi di bidang teknologi maka kemudian 3 perusahaan konsol
terbesar(Sony, Nintendo, dan Microsoft) mengeluarkan kembali konsol
next-generation mereka keluaran terbaru. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang
diberi nama PS3(Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian
Microsoft dengan Xbox 360. Dan yang paling terbaru adalah Playstation VR yang
diproduksi oleh Sony.
Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/PlayStation_VR
Directional Light disini
adalah dimana cahaya yang dipancarkan dari sumber yang jauh dan akan membuat
semua bayangan yang terkena cahay akan sejajar. Pada gambar diatas terdapat cahaya
yang berasal dari kanan gambar dan akan memancarkan cahaya tersebut sehingga
membuat bayang yang sejajar dengan cahaya trersebut.
Point light adalah titik
cahaya yang bekerja seperti Bola Lampu dan akan memancarkan cahaya kesegala
arah tetapi tidak luas, seperti gambar diatas terdapat Bola Lampu yang berada
dirumah tersebut yang menerangi sekitar daerah lampu tersbut saja.
Spot
light adalah cahaya yang berbentuk seperti kerucut, dimana cahaya dari luar
masuk kedalam ruangan dengan kecerahan yang penuh seperti gambar diatas. Atau juga seperti gambar diatas ini
terdapat lampu dengan cahaya yang berbentuk kerucut.
3D Engine dan Scene Graph
Scene Graph
Adalah aplikasi grafis editing game komputer
yang berbasis vektor serta juga bisa mengatur representasi logis dan sering
spasial adegan grafis. Scene Graph kumpulan simpul dalam grafik atau struktur
pohon . Simpul pohon (dalam keseluruhan struktur pohon grafik adegan) mungkin
memiliki banyak anak tapi hanya orangtua tunggal, dengan efek dari orang tua
yang diterapkan pada semua simpul anaknya; operasi yang dilakukan pada sebuah
kelompok secara otomatis menyebarkan pengaruhnya kepada semua anggotanya.
Dalam banyak program,
mengaitkan matriks transformasi geometris (lihat juga transformasi dan matriks)
pada setiap tingkat kelompok dan menggabungkan matriks tersebut bersama-sama
adalah cara yang efisien dan alami untuk memproses operasi semacam itu. Fitur
yang umum, misalnya, adalah kemampuan untuk mengelompokkan bentuk dan objek
yang terkait ke dalam objek majemuk yang kemudian dapat dipindahkan, diubah,
dipilih, dan lain-lain semudah satu objek tunggal.
Ogre 3D
Object-Oriented Graphics Rendering Engine
atau Ogre 3D adalah mesin untuk merendering yang dengan ditulis dengan bahasa
C++ dan memiliki desain berorientasi objek dengan arsitektur plugin yang
memungkinkan penambahan fitur, sehingga membuatnya sangat modular. Dengan kata
lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes, memory
handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi dalam
istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics
support.
Kelebihan
yang paling menonjol pada OGRE adalah graphics engine yang bisa memberikan para
developer sebuah kebebasan untuk menggunakan physics apapun, input, audio,
& library lainnya. OGRE memberikan para tim development untuk fokus pada
graphics daripada beberapa sistem-sistem yang ada dalam game development. OGRE
dapat mendupport OIS, SDL, CEGUI libraries. Sekarang ini OGRE adalah publish
dibawah dua lisensi, yaitu LGPL & OUL. Maka sekarang ini para publish
tersebut membuka OGRE sebagai free/open source software.
Unity 3D
Unity adalah cross-platform game engine
yang dikembangkan oleh Persatuan Teknologi , yang biasa digunakan untuk
mengembangkan game tiga dimensi dan dua dimensi komputer , konsol , dan
perangkat mobile. Unity Pertama kali diumumkan oleh OS X di Apple Developers
Worldwide Developers pada tahun 2005, sejak itu telah diperluas untuk menargetkan
27 platform.
Kelebihan Unity terdapat
pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport oleh unity,
seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga browser.
Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player, sama
halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa melakukan
desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi jika kita
ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau Blender,
kemudian kita export menjadi format .fbx.
Processing
Processing adalah
bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source yang
digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing digunakan
untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa dan
berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi profesional.
Processing
adalah suatu projek terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fry dan Casey Reas.
Berkembang dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group
(ACG) di MIT Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh
sejumlah kecil tim voluntir.
Processing mengaitkan konsep software pada
prinsip-prinsip bentuk rupa, gerak, dan interaksi. Processing mengintegrasikan
suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman, dan metodologi pengajaran ke
dalam sistem terpadu.
Game
Maker
GameMaker adalah aplikasi
pembuatan cross-platform dan multi-genre video game dengan menggunakan drag dan drop urutan tindakan atau
sandboxed bahasa scripting yang dikenal sebagai Pembuat Game Bahasa, yang dapat
digunakan untuk mengembangkan permainan yang lebih maju yang tidak bisa dibuat
hanya dengan menggunakan drag dan drop fitur. GameMaker dirancang untuk
memungkinkan pemula komputer programmer untuk dapat membuat game komputer tanpa
pemrograman banyak pengetahuan dengan menggunakan tindakan-tindakan ini.
Dapat digunakan
untuk membuat 3 dimensi dan Multiplayer. Game Maker dapat menjadikan hak penuh
dari software (game) yang anda buat termasuk dapat menjual game tersebut,
bahkan bisa mendownload musik, efek suara, gambar, script, serta background.
Bisnis
dalam Game Komputer
Game
komputer seiring berjalannya waktu semakin berkembang pesat, banyak game yang
menawarkan gameplay yang bagus serta grafik yang bisa dibilang mendekati nyata
atau lebih realistis. Sehingga banyak development yang membuat banyak game yang
menarik untuk bisa dimainkan hingga waktu yang lama dari game yang berbanyar
hingga yang gratis.
Games berbayar merupakan bisnis karena sama saja kita
mengeluarkan uang untuk membeli suatu barang dan memberikan kepuasan terhadap
seseorang yang membelinya. Dulu kita bisa membeli 1 game dapat full pack dengan
konten tambahan yang sudah termasuk ke dalam game tersebut, tetapi sekarang jika
kita ingin membeli game ada beberapa yang tidak termasuk konten tambahan
tersebut maka kita harus membeli lagi konten tambahan tersebut yang dinamakan
DLC atau Downloadable Content.
Sehingga kita mengeluarkan duit lagi untuk membeli konten
DLC tersebut, ada juga ynag membuat banyak edisi untuk gamenya seperti game
yang baru keluar baru – baru ini yaitu Final Fantasy XV. Banyak edisi yang
dibuat pada game ini seperti Windows Edition, Royal Edition, Day One Edition,
Deluxe Edition. Sehingga game tersebut bisa dimainkan untuk platfrom Xbox One,
Windows, Playstation ada juga sperti game Nier : Automata terdapat DLCnya dan game yang lain -lain.
Desain
Skenario, Script dan Storyboard Game Komputer
Desain
Skenario
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh
seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Desain
adalah proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata
benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah
proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk
benda nyata. Jadi Desain Skenario dalam sebuah game adalah proses untuk
membuat atau menciptakan objek baru
dengan susunan cerita dan peristiwa yang diinginkan.
Saya akan mengambil contoh untuk membuat game Arcade
dengan tema Ular. Kemudian saya menuliskan point point penting untuk game
tersebut dimana saya akan membuat :
1.
Genre : Arcade
2.
Tema : Ular
3.
Menggunakan 3 nyawa oleh pemain
4.
Memberikan nilai jika memakan apel
5.
Nyawa akan berkurang jika menabrak pohon
Script
Script
adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs
yang pada saat di akses. Sebuah skrip
pemrograman adalah kode yang dapat meningkatkan fungsionalitas dari sebuah
situs web. Semakin banyak script yang digunakan maka akan terlihat semakin
menarik, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
Jadi misalkan pada game yang saya
buat terdapat kondisi dimana Ular memakan apel yang ada maka score akan
bertambah, jika ular menabrak pohon maka nyawa akan berkurang. maka kondisi
tersebut akan di implementasikan lewat script agar ketika game di jalankan,
aturan yang telah di buat tadi berjalan.
Storyboard
Game
Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun
berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide
cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring
khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan
persepsi yang sama pada ide cerita kita seperti yang sudah saya gambar dibawah
ini.
Dimana pada gambar pohon diatas akan
gelinding kebawah dan background akan berjalan keatas, jika terkena pohon
tersebut maka nyawa akan berkurang. Dan jika setiap memakan apel tersebut maka
ular akan bertambah panjang. Untuk arah tinggal tap bagian kiri dan kanan untuk
arahannya dan tekan ular terbut untuk berhenti bergerak.
Sumber :
http://rizmag.wordpress.com/2012/02/08/mengenal-sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/
http://are-tech.blogspot.com/2009/02/sejarah-game.html
http://are-tech.blogspot.com/2009/02/sejarah-game.html
http://fian-switch.blogspot.com/2011/02/sejarah-game-komputer.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Scene_graph
https://en.wikipedia.org/wiki/OGRE
http://dinyfr.blogspot.co.id/2013/10/3d-engine-dan-scene-graph_20.html
https://docs.unrealengine.com/en-us/Engine/Rendering/LightingAndShadows/LightTypes/Point